WISATA KULINER KHAS JOGJA

YANG BISA MEMBUAT ANDA MENYESAL JIKAN DILEWATKA

 

Wisata Kuliner selalu menjadi item pelengkap yang menyempurnakan sebuah perjalanan wisata, begitu jugan ketika Anda berwisata di Yogyakarta tentunya tak lepas dari wisata kuliner khas Jogja, hemm... kedengaran mengiurkan bukan. Gudeg telah menjadi ikon makannan khas Jogja, tentu Anda bertanya-tanya "Makanan apa saja sih yang enak di jogja, trus dimana saya dapat mencicipinya...?" .

Kali ini kami akan memberikan beberapa referensi tempat wista kuliner yang bisa rugi Anda jika tidak mampir waktu di Jogja. Tempat - tempat kuliner ini sangat beragam, mulai dari makanan berat, ringan hingga tempat kuliner yang menjadi favorit Raja Keraton Ngayogyokarto. Kami pilihkan dengan konsep yang unik dan menarik. Ok tanpa berlama-lama berikut beberapa tempa kuliner yg terrekomendasi untuk Anda:

 

1. GUDEG

Gudeg,  tentu nama ini sudah terniang dibenak anda ketika berkunjung ke Jogja. Banyak sekali penjual gudeg di jogja, mungkin anda bingung gudeg mana yang terkenal dan unik. Disini kami akan menampilkan keunikan gudeg di Jogja.

Gudeg Yu Djum, merupakan legendaris gudeg di Jogja. Jika anda ingin menikmati kenyamanan, sebaiknya anda makan di rumah Yu Djum di daerah Mbarek Jl Kaliurang Selokan Mataram, deket MM UGM Yogya. Semua masyarakat di Indonesia dan Mancanegar pasti tahu Gudeg Yu Djum, jadi ini harus anda kunjungi sebagai referensi wisata kuliner di Jogja.

Selain Gudeg Yu Djum, anda juga harus menikmati Gudeg Pawon. Gudeg Khas Jogja yang memiliki Sensasi dalam menikmati makanan gudeg di dapur ( pawon - bahasa jawa ). Bukanya Hanya jam 11 malam, hingga jam 2 pagi saja. Letaknya di Jl. Janturan deket ( Selatan Pamella Swalayan Jl. Kusumanegara ). Bosen atau anda sudah pernah mengunjungi kedua tempat diatas? Anda juga bisa menikmati kudapan ini di emperan ruko Maliobroro disela wisata belanja anda disana.

2.BAKMI JAWA

Bakmi Jawa, rasanya yang gurih dan cara masaknya dengan menggunakan Anglo (tungku dari tanah liat dengan bahan baku aran ) tentu membuat kudapan ini menjadi unik, memiliki kesan khas Jogja yang kental.  Berikut ada beberapa tempat yang kamirekomendasikan pada Anda; Bakmi Jawa Mbah Mo ( Dusun Code Manding Bantul ). Letaknya sangat terpencil di dusun code, namun menjadi incaran para pejabat dan artis ketika berkunjung ke Yogyakarta. Bakmi Jawa Kadin. Bakmi Jawa yang sudah terkenal sejak dahulu kala, letaknya dekat dengan Pakualaman, persis di samping Supermarket Superindo. Bakmi Jawa Pak Pele, langganan para seniman Jogja. Letaknya di sebelah selatan Alun-alun Utara, atau dekat dengan Pagar Keraton.

3. SOTO KHAS JOGJA

Klo ngomong kudapan ini hemm.., semua orang pasti tahu, pasti penasaran bedanya Soto Jogja dengan soto-soto didaerah lain ? Soto Kadipiro, nama ini sudah cukup tersohor dan jika anda ingin mencari, cukup jalan-jalan ke Jl. Wates dekat perempatan Wirobrajan. Di jalan ini anda akan menemui banyak Warung Makan Soto Kadipiro, namun yang asli adalah Soto Kadipiro yang berada di utara jalan (satu deret dengan pom bensin). Soto Ayam yang tidak bersantan ini berdiri sejak tahun 1921, dibangun oleh Pak Karto Wijoyo. Selain Soto Kadipiro, Soto yang terkenal di Yogyakarta adalah Soto Pak Sholeh yang terletak di Jl Wiratama Tegal Rejo Yogyakarta. Tepatnya Jalan masuk Museum Sasana Wiratama Pangeran Diponegoro. Penampilan soto yang bening dan seger terlihat nikmat untuk dinikmati siang hari. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp 8.000 untuk 1 porsinya.

4. MANGUT LELE

Wisata Kuliner khas Jogja yang jarang didengar adalah Mangut lele ini. Mangut Lele, sesuai namanya menawarkan masakan olahan dari ikan lele. Tidak seperti masakan lele biasa, lele sebelum dimasak bersama kuah santan gurih dan pedas seperti kuah gulai, lele terlebih dahulu dibakar diatas tungku, sehingga dagingnya matang saat pembakaran.

Mangut Lele yang terkenal sejak dahulu adalah Mangut Lele Mbah Marto, letaknya di Dusun Geneng Sewon Bantul, atau tepat di belakang Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Walaupun namanya Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto, namun yang terkenal adalah masakan Mangut Lelenya. Banyak kalangan artis dan pejabat dari luar kota yang menjadi langganan Mbah Marto.

Menu Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto selain Mangut Lele, antara lain: Ceker, Gudeg Setengah Kering, Sambal Krecek, Sate Keong, Garang Asem, dll. Harga satu porsi mangut lele sebesar Rp 8.000 atau 10.000 dengan menu kompli (Nasi, Mangut Lele, Gudeg dan Sayur Daun Pepaya).

5. SATE KLATAK

Sate Klatak merupakan sate ayam yang diracik secara khusus, sehingga memiliki keunikan tersendiri. Sate kalatak ini terdapat di Pasar Jejeran Bantul atau sekitar 1 KM ke selatan dari Terminal Giwangan. Kelembutan daging ayam dan racikan bumbu sate yang khas, membuat anda dapat menikmati sate khas bantul ini. Ditambah porsi 1 tusuk sate, sangatlah besar. Sehingga dengan 3 - 5 tusuk sate yang disajikan, dapat membuat perut anda penuh.

 

 

6. OSENG-OSENG MERCON

Nahh.. makanan ini menjadi incaran bagi pencinta makanan pedas. Saking pedasnya, anda serasa makan mercon di dalam mulut. Oseng - oseng Mercon yang terkenal di Yogyakarta adalah Oseng - Oseng Mercon Bu Hadi. Bertepat di Jl. Nyi Ahmad Dahlan Yogyakarta, sebelah Barat RS PKU Muhammadiyah atau 300m dari perempatan Kantor Pos Besar. Menu di Warung Makan ini adalah Oseng - Oseng Mercon, Ayam Bakar/Goreng, dll.

 

 

Dari keenam jenis makanan dan tempat wisata kuliner tersebut tentu membuat anda penasaran untuk mencona. Jika anda berlibur ke Jogja atau ingin merencanakan liburanke Jogja, jangan sungkan hubungikami : yesterkeytrans

 

INFORMASI

HOTLINE
HP
: 0817 261 540
HP : 081 7261 540
HP : 
081 1150 1212 / 081 841 1212
Office : ( 0274 ) 2811444
Wa : 081 7261 540 , 081 1150 1212

 

 

Chat !


REKENING


Heri Nugroho
4450 96 1821

Heri Nugroho
137 0009 78320


Visitor Today : 3
Visitors : 60701
Pages Today : 8
Pages : 144720
Online: 1
Your Ip: 54.80.77.124